Friday, December 30, 2011

Review Buku

Akhir tahun ini ada beberapa buku yang gue beli, antara lain manusia setengah salmon sama kambing jantan-nya raditya dika, dan antologi cerpen cerita sahabat. Di postingan kali ini, gue mau ngasih sedikit review tentang tiga buku tersebut

Yang pertama adalah manusia setengah salmonnya raditya dika. Buku ini masih bergenre komedi. Tapi gue ngerasa tingkat kelucuan dari buku ini sedikit menurun kalo dibandingkan sama buku sebelumnya yaitu marmut merah jambu. Kalo di buku marmut merah jambu gue sampe bisa ngakak baca cerita-ceritanya, tapi di buku ini gue cuma sampai sebatas senyum-senyum sendiri. Mungkin karena banyak joke dari manusia setengah salmon yang pernah gue denger sebelumnya, entah itu dari twitter @radityadika atau dari beberapa pertunjukkan stand up comedy nya. Jadi humor di buku ini jadi berasa kurang fresh. Tapi secara overall, buku ini masih tetep jauh lebih bagus kalo dibandingin sama buku komedi pocong-pocongan yang saat ini lagi menjamur di Indonesia.

Buku kedua yang gue baca adalah kambing jantan. Iya, dari semua bukunya raditya dika, justru buku pertamanya yang belom pernah gue baca. Udah beberapa kali gue nyamperin gramedia buat nyari kambing jantan, tapi selalu ngga ada. Gue juga udah beberapa kali nyari di tempat persewaan buku, tapi selalu ngga ada juga. Dan kemaren pas gue beli manusia setengah salmon, ternyata udah ada cetakan terbarunya. Jadi langsung aja deh gue beli.

Ngebaca kambing jantan setelah baru aja selesai baca manusia setengah salmon itu berasa aneh banget. Perbedaan antara buku pertama dan buku terakhirnya raditya dika bener-bener kerasa. Bahkan gue sempet mikir kalo dua buku ini ditulis oleh dua orang yang berbeda. Mungkin juga karena kambing jantan emang murni kumpulan tulisan dari blognya raditya dika. Beda banget sama buku terbarunya yang emang sengaja ditulis untuk menjadi sebuah “buku”.

Dan yang terakhir adalah antologi cerpen Cerita Sahabat. Ada 29 cerita yang ditulis oleh 12 penulis di buku ini. Dan hampir semua penulisnya adalah penulis yang udah lebih dulu terkenal lewat twitter dan blog. Maka dari itu, ngga heran kalo mereka mempromosikannya lewat twitter. Gue juga tau buku ini dari twitter karena gue follow beberapa penulisnya. Seperti @aMrazing, @monstreza, @gembrit, dan @rahneputri.

Sebelumnya gue emang udah sering baca tulisan mereka di blog ataupun tumblr. Dan menurut gue, tulisan mereka keren-keren. Nah, begitu tau mereka mau buat buku, ngga heran kalo gue langsung semangat nyari di gramedia. Apalagi buku ini adalah kumpulan cerpen, bukan novel (gue emang lebih suka baca cerpen karena cepet selesai, haha).

Cerita-ceritanya memang ringan dan cocok buat teman minum kopi. Tapi sayangnya, di buku ini ngga ada daftar isinya. Padahal kalo menurut gue, kumpulan cerpen itu lebih enak kalo dikasih daftar isi biar kita bisa bebas mau baca yang mana dulu. Selain itu, ada juga beberapa tulisan yang udah pernah di publish di blog mereka, jadi berasa agak rugi dikit karena udah pernah baca ceritanya, hehe. Tapi overall, buku ini sepertinya wajib dimiliki buat para penyuka cerpen ataupun flash fiction.

Oke, cukup sekian review singkat tentang tiga buku tersebut. Doakan saja semoga gue bisa beli buku bagus lagi biar bisa ngasih reviewnya disini, haha :D

No comments:

Post a Comment