Saturday, February 19, 2011

Secepat inikah...?

Kamar gue. Sabtu, 19 Februari 2011. 20:02:06.

Setelah sekian lama gue ga pernah lagi merasakan kegalauan yang indah seperti dulu, akhirnya gue galau juga. Tapi kali ini gue ngga galau gara-gara mikirin cinta kayak kebanyakan orang. Gue galau karena mikirin hidup (agak serius nih). Jadi ceritanya gini, tadi pagi, gue baru aja ikut acara "Motivation Building Training" yang diselenggaraain sama sekolah gue. Sebenernya sih gue udah pernah ngikutin acara semacam ini dua kali waktu kelas X dan kelas XI karena ini emang acara tahunan di SMA N 1 Magelang. Tapi kali ini gue ngerasa ada yang beda. Gue ngerasa lebih mengena. Mungkin karena acara kali ini lebih dikhususkan untuk memotivasi siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Gue jadi galau setelah di salah satu sesi pengisi acaranya bilang "Ujian nasional sudah dekat dan tidak lama lagi". Kata-kata sederhana ini sukses memaksa gue untuk sadar bahwa gue udah kelas XII SMA, dan bentar lagi gue harus menghadapi Ujian Nasional.

Ya, bentar lagi, sebentar lagi.

Sebentar lagi gue akan lulus (aminn...). Sebentar lagi gue akan kuliah, trus gue bakal kerja, trus nikah, trus gue bakal jadi bapak, trus jadi kakek. Dan setelah itu gue akan berjumpa dengan sebuah misteri terbesar yang ada di dunia ini, kematian.

Entah kenapa gue baru aja sadar hari ini kalo waktu berlalu dengan sangat cepat (bahkan mungkin gue ngga akan sadar kalo sekolah gue ngga nyelenggarain acara motivasi kayak gini). Perasaan baru aja kemaren gue berangkat ke TK untuk pertama kalinya. Baru aja kemaren gue lulus SD trus daftar ke SMP. Baru aja kemaren gue ikut acara MOS di SMA dengan masih memakai seragam putih-biru tua. Dan tiba-tiba sekarang umur gue udah 17 taun. Tiba -tiba gue udah duduk di kelas XII. Tiba-tiba gue udah mau lulus. Hah... *menghela napas panjang*.

Itu semua membuat gue sadar kalo ternyata waktu sangatlah cepat. Bahkan kecepatannya mungkin bisa mengalahkan kecepatan cahaya. Tapi sayangnya, belum banyak orang yang menyadarinya. Kebanyakan orang menyadarinya justru pada saat ia berada pada akhir hidupnya. Sehingga pada saat kematian akan menjemput, kita hanya bisa terperangah karena baru menyadari kalo waktu itu ternyata cepat banget. Dan semua sudah terlambat karena waktu kita telah habis. (Semoga gue bukan termasuk orang yang seperti itu.) Tapi bagaimanapun juga, sesuai dengan teori relatifitas, waktu itu relatif. Waktu bisa dipercepat atau diperlambat. Jadi gue yakin kalo gue bisa memperlambat waktu walaupun ngga seberapa. Salah satu caranya mungkin adalah dengan melakukan sesuatu yang berguna. Karena jika kita bisa mempergunakan waktu dengan baik, maka kita tidak akan merasa kalo waktu berlalu begitu cepat. Trus pertanyaannya adalah apakah gue udah mempergunakan waktu secara baik selama ini? jujur, gue ngerasa belum. Gue lebih banyak menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang kurang berguna. Pengen rasanya bisa balik ke masa lalu dan mengambil kembali waktu yang udah gue sia-siain. Tapi kayaknya ngga mungkin. Yang bisa gue lakukan sekarang hanyalah memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang masih tersisa tanpa menyesali apa yang pernah terjadi. Karena jika gue terus menyesali apa yang pernah terjadi itu sama aja dengan gue melakukan hal tidak berguna yang justru akan membuat waktu berlalu lebih cepat dari biasanya. Apalagi umur gue sekarang udah 17 taun. Usia dimana gue udah bisa dianggap dewasa. Usia dimana gue udah ngga pantes lagi untuk menyia-nyiakan waktu yang amat berharga.

Hah... *menghela napas lagi*

Mulai sekarang, sebisa mungkin gue akan berusaha untuk mempergunakan waktu dengan baik. Sehingga kalo waktu gue udah dateng, gue ngga perlu kaget akan kecepatan waktu dan ngga perlu berkata
"Secepat inikah?"

No comments:

Post a Comment