Tuesday, July 20, 2010

ga penting #1

Haha...
Gue baru sadar kalo blog gue isinya cuma lirik lagu doang,
bisa-bisa judul blog gue ganti jadi "kumpulan lirik lagu favorit bumi", hehe...
Ya gini nih kalo blogger ga kreatif, isi blognya cuma hal-hal ga penting ditambah dengan sedikit tulisan yang amat sangat sungguh gak bermutu sama sekali. Gue emang bukan orang yang terbiasa menulis. Ya, gue bukan orang yang dalam waktu singkat bisa membuat sebuah tulisan yang menarik, bagus, keren, dan berkualitas. Sialnya, gue justru adalah orang yang dalam waktu lama baru bisa membuat sebuah karya yang jelek, ancur, ga jelas & abstark (tuh kan, saking amburadulnya tulisan gue, gue nulis abstrak aja jadi abstark. Eh, yang bener itu abstrak ato abstark sih? ya pokoknya itu lah).

Gue jadi inget pas gue kelas tiga smp dulu. Waktu itu gue dapet tugas suruh buat cerpen dari guru B. Indo gue yang namanya pak Badri. Nama lengkapnya kalo ga salah Badri Isnan Widodo. Ni orang kayaknya emang dari sononya udah diproram buat jadi guru B. Indo. Liat aja dari namanya yang bisa disingkat jadi B. Indo. Buat yang mempunyai IQ jongkok, mungkin masih agak bingung darimana nama Badri Isnan Widodo bisa disingkat jadi B. Indo. Dan karena gue baik hati, gue kasih penjelasan dikit deh. "Badri IsNan widoDO", kalo kita ambil huruf yang ditulis secara kapital, maka kita akan mendapatkan kata B.I.N.D.O (kok tiba-tiba gue jadi kepikiran lagu C.I.N.T.A-nya d'bagindas ya? emm... ==' lupakan). Sekarang, mari kita coba untuk memodifikasi sedikit kata tersebut dengan cara menghapus titik di belakang "I", "N", dan "D" serta memberi spasi di belakang titik yang tersisa. Jika kita melakukannya dengan benar, maka kita akan mendapatkan kata B. Indo. Gimana? Dah jelas kan? Nah, karena dah pada mudeng dari mana asal muasal nama Badri Isnan Widodo bisa disingkat jadi B. Indo, maka alangkah baiknya bila kita kembali lagi kepada masalah tugas membuat cerpen.

Gue dikasih waktu satu minggu buat nyelesein tugas ini. Berhubung gue termasuk golongan orang yang dalam waktu lama baru bisa membuat sebuah karya yang jelek, ancur, ga jelas & abstrak (sumpah, gue masih bingung yg bener itu abstrak ato abstark), maka jelas gue butuh waktu yang cukup lama untuk nyeleseinnya. Tapi apa daya, gue ga bisa ngelawan kehendak dari pak Badri. Pak Badri tetep aja maksa kalo tugas itu harus dikumpulkan hanya dalam waktu satu minggu. Terang aja gue panik bukan main, gimana caranya gue bisa ngebuat cerpen yang bagus cuma dalam waktu satu minggu? Bahkan gue sempet kepikiran buat bunuh diri gara-gara tugas ini.

Karena deadline-nya cuma satu minggu, maka harus cepet-cepet nih buat nyeleseinnya. Tugas ini gue mulai dengan mencari suatu tema yang pas. Setelah mikir bentar, akhirnya gue sepakat untuk mencoba membuat cerpen yang bertema percintaan. Tema udah ada, sekarang gue bisa nglangkah ke tahap selanjutnya yaitu nyari garis besar isi cerpen. Ide pertama yang muncul di otak gue kayak gini : ada cowok pacaran sama cewek tapi ternyata cowoknya mengidap penyakit parah lalu mati. Tapi setelah gue pikir-pikir lagi, ternyata cerita kayak gitu udah pasaran banget plus ga jelas. Bisa disimpulkan, opsi pertama gagal. Gue coba lagi buat nyari ide lain, mungkin aja bisa dapet yang lebih bagus. Ga berapa lama, gue dapet ide lagi. Jadi ceritanya ada cowok yang suka diem-diem ama cewek tapi ternyata cewek itu adalah banci lalu akhirnya cowoknya depresi trus mati. Dan gue sadar kalo ceritanya TAMBAH GA JELAS.

Ga kerasa gue udah ngabisin waktu sekitar dua jam cuma buat mikirin itu. Tapi yang keluar di otak gue cuma cerita-cerita ga jelas, yang sama sekali ga berkualitas. Kayaknya emang lebih sulit kalo nulis cerita yang berbau cinta. Dan karena alasan itulah gue memutuskan buat ganti tema. Terpaksa deh harus ngulang lagi ke tahap nyari tema. Setelah mikir lagi sebentar, akhirnya gue dapet tema baru yaitu : bukan percintaan. Siapa tau aja lebih gampang kalo nulis yang bukan cinta-cintaan.

Dengan tema bukan percintaan ini, akhirnya gue bisa ngerampungin tugas cerpen ini dalam waktu lima hari. Biarin aja lah kalo temanya ga jelas, ceritanya kurang menarik, & nulisnya asal-asalan, yang penting gue bisa nyelesein dulu tugas ini. Waktu mau ngumpulin tugas ini, gue sempet baca karya temen-temen gue, dan gue jadi tau betapa ga kreatif-nya gue. Soalnya dibandingkan cerita-cerita buatan temen gue, cerpen gue-lah yang paling simpel. Bahkan bisa dibilang cerita gue adalah sebuah "cerpen pendek". Ya ga papa lah, yang penting itu cerpen.


Sejak saat itu, gue jadi pengin untuk lebih membiasakan diri untuk menulis. Moga-moga aja dengan adanya blog ini gue jadi lebih terbiasa buat nulis. Itung-itung bisa nambahin skill menulis gue, amiin...

No comments:

Post a Comment